PERAWATAN SALURAN AKAR GIGI (ROOT CANAL TREATMENT)

upaya memperpanjang usia gigi Anda yang sudah terkena karies dalam

Endodontik adalah cabang kedokteran gigi yang mempelajari jaringan syaraf di dalam gigi (disebut dengan istilah ‘pulpa’). Terdiri dari dua kata yang diambil dari bahasa Yunani, yaitu endo dan odont. Endo berarti dalam, dan odont berarti gigi. Pengobatan endodontik, atau perawatan saluran akar, adalah tindakan perawatan gigi yang telah rusak jaringan syarafnya untuk mempertahankan gigi tersebut di dalam rongga mulut lebih lama.Jika Anda memiliki gigi yang rusak parah dan membusuk atau infeksi gigi yang serius (abses atau bernanah), dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan perawatan saluran akar. Dengan demikian, gigi Anda dapat bertahan lebih lama di dalam rongga mulut Anda.Apa itu pulpa?
Pulpa adalah jaringan syaraf di dalam gigi Anda yang mengandung saraf dan pembuluh darah yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada gigi Anda. Ini bisa terinfeksi jika ada salah satu atau lebih kondisi ini pada gigi Anda :

  • Karies dalam
  • Prosedur gigi berulang yang mengganggu jaringan syaraf ini
  • Gigi yang pecah atau retak
  • Cedera/trauma pada gigi (meski tidak ada tanda fisik yang terlihat)

Jika tidak diobati, jaringan di sekitar akar gigi Anda bisa terinfeksi. Bila ini terjadi, Anda akan sering merasakan sakit dan bengkak serta abses bisa terbentuk di dalam gigi dan atau di sekitar akar gigi. Infeksi juga dapat membuat Anda berisiko kehilangan gigi Anda karena bakteri dapat merusak tulang penyangga gigi.

Bagaimana prosedur perawatan saluran akar gigi?
Perawatan saluran akar gigi biasanya memerlukan hingga 2 kali kunjungan. Jika ada sedikit rasa tidak nyaman maka dokter gigi akan menggunakan anestesi lokal sehingga Anda merasa nyaman selama prosedur dilakukan.

Sebelum perawatan dimulai, dokter gigi Anda akan:

  • ┬áMelakukan pemeriksaan secara radiologis untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang gigi dan tulang di sekitarnya.
  • Melakukan anestesi di daerah sekitar gigi sehingga Anda merasa nyaman selama perawatan.
  • Memasang rubberdam (semacam lembaran karet lateks tipis) pada gigi Anda agar tetap kering, bersih dan terlindungi dari virus, bakteri dan jamur yang biasanya ada di dalam rongga mulut.

Selama perawatan, dokter gigi Anda akan:

  • Mengebor bagian atas gigi Anda untuk menciptakan akses ke rongga saluran akar gigi.
  • Mengeluarkan jaringan saraf gigi dari dalam gigi serta mencari saluran akar gigi. Pada beberapa gigi, saluran akar dapat berjumlah lebih dari 1 saluran akar.
  • Membersihkan setiap saluran akar gigi secara mekanis dan secara kimiawi.
  • Memberi obat ke dalam saluran akar gigi yang telah dibersihkan.
  • Mengisi saluran akar gigi dengan bahan dan obat tertentu untuk mencegah terjadinya infeksi ulang di masa depan.
  • Menutupnya dengan tumpatan sementara sampai restorasi permanen atau mahkota selubung (crown) dapat ditempatkan pada kunjungan berikutnya.

Setelah perawatan saluran akar:

  • Gigi dan area di sekitarnya mungkin terasa sensitif selama beberapa hari. Anda dapat berkomunikasi dengan dokter gigi Anda tentang bagaimana menghilangkan ketidaknyamanan yang mungkin Anda alami.
  • Dokter gigi Anda mungkin meresepkan antibiotik jika infeksi menyebar. Gunakan sesuai instruksi dokter.

Anda akan memerlukan kunjungan lanjutan setelah perawatan saluran akar. Pada kunjungan ini, dokter gigi Anda akan membuang tumpatan sementara dan menggantinya dengan restorasi permanen atau mahkota selubung (crown) untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan lebih lanjut. Pin logam atau plastik/fiber juga dapat ditempatkan di dalam saluran akar untuk memberi tambahan pendukung bagi restorasi permanen atau mahkota selubung (crown) jika Anda membutuhkannya.

Berapa lama gigi yang telah dilakukan perawatan saluran akar dapat bertahan?
Dengan perawatan yang tepat, gigi yang telah dilakukan perawatan saluran akar dapat bertahan seumur hidup. Rutinlah menyikat dua kali sehari selama dua menit dengan pasta gigi berfluorida, bersihkan sela gigi Anda dengan benang gigi sekali sehari dan rutin melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi untuk memastikan gigi Anda kuat dan sehat.

Chat on Whatsapp!