PEMERIKSAAN BERKALA (DENTAL CHECK-UP)

cara terbaik memastikan kondisi gigi geligi dalam keadaan sehat

Anjuran umum untuk pemeriksaan gigi-geligi berkala adalah setiap enam bulan sekali, namun bisa berbeda pada sebagian orang tertentu. Dokter gigi akan menyarankan kapan Anda harus melakukan pemeriksaan berikutnya berdasarkan kondisi kesehatan mulut Anda. Waktu antar pemeriksaan berkala dapat bervariasi dari tiga bulan sampai dua tahun, tergantung pada seberapa sehat gigi dan gusi Anda dan risiko masalah gigi geligi Anda di masa depan.

Mengapa perlu pemeriksaan gigi geligi secara berkala?
Pemeriksaan berkala bertujuan untuk melindungi diri Anda sendiri dari kemungkinan kerusakan gigi geligi yang lebih parah di masa depan. Kerusakan gigi geligi yang lebih parah tidak hanya melelahkan secara fisik, namun juga menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Apa yang terjadi saat pemeriksaan gigi?
Dokter gigi akan memeriksa gigi, gusi dan rongga mulut Anda, menanyakan kesehatan umum Anda yang berkaitan dengan gigi geligi, dan menanyakan masalah yang Anda alami dengan gigi, mulut atau gusi. Dokter gigi juga dapat memberi saran dan masukan mengenai diet, kebiasaan merokok dan alkohol, serta cara membersihkan gigi dan gusi dengan baik dan benar.

Seberapa sering saya harus melakukan pemeriksaan gigi?
Setelah pemeriksaan, dokter gigi akan merekomendasikan tanggal untuk kunjungan Anda berikutnya. Waktu untuk pemeriksaan berikutnya bisa kurang dari tiga bulan atau selama dua tahun (atau sampai satu tahun jika Anda berusia di bawah 18 tahun). Umumnya, semakin rendah risiko masalah gigi Anda, semakin lama jarak kunjungan berikutnya. Jadi, orang dengan kesehatan mulut yang baik mungkin perlu hadir hanya sekali dalam 12 sampai 24 bulan ke depan, namun mereka yang memiliki lebih banyak masalah akan memerlukan pemeriksaan yang lebih sering.

Offline