PEMBERSIHAN KARANG GIGI

pembersihan menyeluruh untuk mencegah/mengobati penyakit gusi.

Mengapa saya membutuhkannya?

Penyakit gusi disebabkan oleh film lengket bakteri yang disebut plak. Plak selalu terbentuk pada gigi Anda, namun jika tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dalam plak dapat menyebabkan gusi Anda meradang. Bila ini terjadi terus menerus, gusi Anda akan ‘menarik’ diri dari gigi Anda dan membentuk kantong yang disebut poket gusi. Plak kemudian terjebak dalam kantong ini dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Jika tidak diobati, penyakit gusi bisa menyebabkan tulang dan gigi hilang.

Jika penyakit gusi terdeteksi lebih awal dan belum merusak struktur di bawah garis gusi, pembersihan profesional harus dilakukan. Jika kantong antara gusi dan gigi Anda terlalu dalam, maka penskalaan dan perencanaan akar mungkin diperlukan.

Sebuah studi pada bulan Juli 2015 di Journal of American Dental Association menemukan bahwa penskalaan dan perencanaan akar bermanfaat bagi pasien dengan periodontitis kronis (penyakit gusi tahap lanjut dalam waktu yang lama). Periodontitis kronis mempengaruhi 47,2% orang dewasa berusia di atas 30 tahun di Amerika Serikat.

Apa yang dilakukan saat pembersihan karang gigi ini?
Pembersihan karang gigi ini memiliki dua tahap. Pertama-tama adalah scaling pada tahap awal, dan selanjutnya root planing pada tahap lanjut (jika dibutuhkan). Scaling adalah saat dokter gigi Anda membersihkan semua plak dan karang gigi (plak keras) pada bagian mahkota gigi sampai batas garis gusi, dan memastikan untuk membersihkan semua bagian bawah kantong (poket gusi). Sedangkan pada tahap root planing, dokter gigi akan memulai perencanaan akar dan menghaluskan akar gigi Anda untuk membantu gusi menempel kembali ke gigi Anda. Penskalaan dan perencanaan akar mungkin memerlukan lebih dari satu kunjungan dan mungkin memerlukan anestesi lokal.

Tips perawatan selanjutnya
Setelah pembersihan, gusi Anda mungkin akan terasa sedikit kurang nyaman selama satu atau dua hari dan atau adanya sedikit sensitivitas gigi hingga seminggu.
Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi, dokter gigi Anda mungkin meresepkan obat atau cairan kumur. Dokter gigi Anda juga dapat memasukkan obat tertentu langsung ke dalam kantong gusi yang sudah dibersihkan.
Dokter gigi Anda akan menjadwalkan kunjungan lagi untuk melihat bagaimana gusi Anda telah sembuh dan mengukur kedalaman kantong gusi Anda. Jika mereka mendapatkan lebih dalam, diperlukan lebih banyak perawatan.
Perawatan gigi yang baik di rumah sangatlah penting untuk membantu mencegah penyakit gusi agar tidak menjadi lebih serius atau berulang. Sikat gigi dua kali sehari dengan sikat lembut, bersihkan sela gigi Anda dengan benang gigi setiap hari, makan makanan yang seimbang, hindari penggunaan tembakau dan segera temui dokter gigi Anda.

Offline