GIGI GELIGI TIRUAN SEBAGIAN/LENGKAP (PARTIAL/FULL DENTURE)

pengganti gigi yang hilang demi kesehatan sistem pencernaan Anda

Adalah gigi geligi tiruan lepasan yang dapat menggantikan gigi yang hilang dan membantu memulihkan senyuman Anda. Mengganti gigi yang hilang akan menguntungkan penampilan dan kesehatan Anda. Gigi geligi tiruan juga membantu untuk mengunyah makanan dan berbicara pada pasien-pasien yang telah kehilangan gigi alaminya.

Bila Anda kehilangan semua gigi, otot wajah bisa melorot/turun, membuat Anda tampak lebih tua. Gigi geligi tiruan dapat membantu memperbaiki penampilan wajah dan profil Anda. Mereka dibuat menyerupai gigi alami Anda sehingga penampilan Anda tidak banyak berubah.

Jenis-jenis gigi geligi tiruan :

1. Konvensional.
Adalah gigi geligi tiruan lepasan ini dibuat dan ditempatkan di dalam mulut Anda setelah jaringan sekitar pencabutan gigi telah menyembuh sempurna beberapa bulan paska pencabutan.

2. Immediate.
Adalah gigi geligi tiruan lepasan yang ditempatkan di dalam mulut Anda segera setelah pencabutan gigi. Dokter gigi akan melakukan pencetakan gigi pada kunjungan awal lalu mengirimnya ke laboratorium dental. Jika gigi geligi tiruan immediate sudah siap, maka gigi Anda baru akan dicabut.

3. Overdenture.
Walaupun hanya sedikit, adalah baik jika ada beberapa gigi yang dapat diselamatkan untuk melestarikan tulang rahang Anda dan memberikan stabilitas dan dukungan untuk gigi geligi tiruan. Overdenture dapat dilakukan dengan sejumlah kecil gigi alami yang tersisa. Implan juga dapat berfungsi sebagai pendukung tambahan bagi overdenture.

Saat Anda baru saja menggunakan gigi geligi tiruan, Anda mungkin membutuhkan waktu selama beberapa minggu sampai Anda terbiasa dengan mereka. Gigi geligi tiruan pada awalnya bisa terasa kendur sementara otot pipi dan lidah Anda belajar menahannya. Bukan hal yang aneh jika Anda mengalami sedikit iritasi atau nyeri. Anda mungkin menyadari adanya peningkatan aliran air liur sementara. Sampai pada saat mulut Anda sudah beradaptasi dengan gigi geligi tiruan tersebut, perlahan-lahan masalah tersebut akan hilang. Jika masalah berlanjut, terutama iritasi atau nyeri, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

Bahkan walaupun Anda memakai gigi geligi tiruan lengkap, Anda tetap harus menjaga kebersihan gigi dengan baik. Sikat gusi, lidah dan langit-langit mulut Anda setiap pagi dengan sikat lembut sebelum Anda memasang gigi geligi tiruan untuk merangsang sirkulasi pada gusi dan mukosa mulut Anda dan membantu menghilangkan plak.

Seperti gigi Anda, gigi geligi tiruan harus disikat setiap hari untuk menghilangkan partikel makanan dan plak. Menyikat juga bisa membantu menjaga gigi geligi tiruan tetap dalam kondisi baik dan tidak bernoda.

Bilas gigi geligi tiruan Anda sebelum menyikat gigi untuk membuang sisa makanan yang tersangkut pada permukaannya.

Gunakan sikat gigi bulu lembut dan pembersih non-abrasif untuk dengan lembut menyikat semua permukaan gigi geligi tiruan sehingga tidak tergores.

Saat menyikat gigi, bersihkan mulut Anda dengan benar, termasuk permukaan gusi, mukosa pipi, permukaan langit-langit mulut dan lidah Anda untuk menghilangkan plak apapun. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko iritasi mulut dan bau mulut.

Bila Anda tidak memakai gigi geligi tiruan Anda, taruhlah di tempat yang aman dalam kondisi semua permukaan terendam air untuk mencegah strukturnya menjadi rusak.

Pada beberapa kasus, pengguna gigi geligi tiruan dapat menggunakan perekat. Perekat gigi geligi tiruan tersedia dalam berbagai bentuk : krim, bubuk, bantalan / wafer, strip atau cairan. Jika Anda menggunakan salah satu dari produk ini, baca instruksinya, dan gunakan persis seperti yang diarahkan. Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan pembersih dan perekat yang sesuai untuk kasus Anda.
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang gigi geligi tiruan Anda, atau jika gigi geligi tiruan Anda mulai terasa kurang nyaman atau menjadi rusak, hubungi dokter gigi Anda. Pastikan juga untuk datang pada pemeriksaan rutin gigi geligi agar dokter gigi Anda dapat memeriksa apakah gigi geligi tiruan Anda.

Offline