DENTAL IMPLAN

pengganti mahkota dan akar gigi yang ditanam di dalam tulang rahang

Jika Anda memiliki gigi yang hilang, dan tidak nyaman saat mengenakan gigi geligi tiruan, atau tidak memiliki struktur gigi yang baik untuk dijadikan jembatan, Anda dapat membicarakan dengan dokter gigi Anda apakah implan gigi merupakan pilihan yang baik untuk kasus gigi geligi Anda.

Implan gigi adalah cara yang populer dan efektif untuk mengganti gigi yang hilang. Implan gigi adalah pilihan jangka panjang yang sangat baik untuk memulihkan senyum Anda. Sebenarnya, pengembangan dan penggunaan implan adalah salah satu kemajuan terbesar dalam kedokteran gigi dalam 40 tahun terakhir. Implan gigi terbuat dari titanium dan bahan lainnya yang kompatibel dengan tubuh manusia. Implan gigi berfungsi sebagai pengganti akar gigi yang ditempatkan di rahang atas atau bawah melalui prosedur operasi, dimana mereka berfungsi sebagai jangkar yang kokoh untuk mahkota gigi pengganti. Kebanyakan pasien menemukan bahwa implan gigi aman, stabil dan pengganti yang baik untuk gigi mereka sendiri.

Umumnya ada tiga tahap untuk mendapatkan implan:

Tahap pertama, dokter gigi melakukan pembedahan implan ke dalam tulang rahang. Dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan diet makanan ringan, makanan dingin dan sup hangat selama proses penyembuhan.
Tahap kedua, tulang disekitar implan sembuh dalam proses yang disebut osseointegration. Apa yang membuat implan begitu kuat adalah tulang justru tumbuh di sekitarnya dan menahannya di tempat. Osseointegrasi berarti “berkombinasi dengan tulang” dan membutuhkan waktu. Beberapa pasien mungkin perlu menunggu sampai implan benar-benar terintegrasi, sampai beberapa bulan, sebelum mahkota gigi pengganti dapat dipasang pada implan. Pasien lain dapat memiliki implan dan gigi pengganti ditempatkan dalam satu kunjungan.
Dan akhirnya, pada tahap ketiga, saatnya penempatan mahkota gigi tiruan. Untuk implan gigi tunggal, dokter gigi Anda akan menyesuaikan gigi baru untuk Anda, yang disebut mahkota gigi. Mahkota selubung akan didasarkan pada ukuran, bentuk, warna dan kecocokan, dan akan dirancang untuk berbaur dengan gigi Anda yang lain. Jika Anda mengganti lebih dari satu gigi, jembatan buatan atau gigi geligi tiruan akan dibuat agar sesuai dengan mulut dan implan Anda. (Catatan: Gigi pengganti biasanya memerlukan beberapa waktu untuk dilakukan. Sementara itu, dokter gigi Anda mungkin memberi Anda mahkota sementara, jembatan atau gigi tiruan untuk membantu Anda makan dan berbicara secara normal sampai penggantian mahkota selubung permanen sudah siap.)

Jika Anda tertarik dengan implan gigi, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan dokter gigi Anda terlebih dahulu. Jika Anda berada dalam kesehatan umum yang baik, perawatan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Sebenarnya, kesehatan umum Anda merupakan faktor penting daripada usia Anda. Anda mungkin dievaluasi secara medis oleh dokter sebelum operasi implan dilakukan. Penyakit kronis, seperti diabetes atau leukemia, dapat mengganggu penyembuhan setelah operasi. Pasien dengan masalah ini mungkin bukan kandidat yang baik untuk implan. Menggunakan tembakau juga bisa memperlambat penyembuhan.

Offline