Inlay, onlay dan overlay gigi adalah restorasi indirek (dibuat di luar mulut) yang digunakan untuk memperbaiki gigi belakang dengan kerusakan ringan sampai sedang atau pada kasus gigi fraktur yang kerusakannya belum sangat parah yang membutuhkan mahkota selubung.

 

Inlay adalah tumpatan rigid yang ditempatkan di kavitas di antara tonjol gigi. Onlay dibuat jika terdapat 1 atau lebih kerusakan tonjol gigi, namun tidak semua tonjol gigi mengalami kerusakan. Sedangkan overlay meliputi seluruh tonjol gigi namun dinding mahkota masih sehat. 

 

Manfaat lain dari inlay, onlay dan overlay dibandingkan dengan tambalan logam tradisional adalah :

  1. Inlay, onlay dan overlay bersifat tahan lama, terbuat dari bahan yang kuat bertahan hingga 30 tahun (pada pemakaian normal dan dengan pemeliharaan sehari-hari yang optimal).
  2. Inlay, onlay dan overlay membantu memperkuat gigi hingga 75 persen, tidak seperti tambalan logam tradisional yang sebenarnya bisa mengurangi kekuatan gigi hingga 50 persen.
  3. Inlay, onlay dan overlay memperpanjang masa pakai gigi dan mencegah perlunya perawatan gigi yang lebih rumit di masa depan.

 

Bagaimana inlay, onlay dan overlay dibuat ?

Pada kunjungan pertama, dokter gigi Anda akan membersihkan gigi dari jaringan gigi yang rusak dengan menggunakan bor. Setelah itu, gigi akan dicetak menggunakan bahan cetakan kedokteran gigi yang khusus. Cetakan ini akan dikirim ke laboratorium dental dimana inlay/onlay/overlay akan dibuat. Sementara itu, dokter gigi akan menutup gigi Anda dengan bahan tambalan sementara selama inlay/onlay/overlay dibuat.


Pada kunjungan kedua, tambalan sementara akan dilepas dari gigi Anda dan inlay/onlay/overlay akan dipasang pada gigi menggunakan semen khusus kedokteran gigi.

Offline