Sering kali pasien merasa takut dengan suara bor dokter gigi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa giginya langsung terasa ngilu saat mendengar bunyi bor tersebut.

 

Berikut penjelasan logis mengenai bunyi bor tersebut.

 

Bor dokter gigi berkecepatan tinggi dijalankan dengan tekanan angin yang tinggi dan disalurkan ke lubang kecil. Itulah sebabnya suara yang dihasilkan melengking dan kurang nyaman bagi telinga siapapun yang mendengarnya. Cara kerjanya mirip peluit yang ditiup dengan tekanan tinggi namun lubang keluarnya angin bertekanan tinggi tersebut kecil sehingga menghasilkan suara yang melengking tinggi.

 

Peluit dan bor memiliki cara kerja yang mirip, namun mengapa seseorang dapat memberikan respon berbeda saat mendengar keduanya?

 

Adalah pikiran yang memberikan makna berbeda terhadap kedua bunyi tersebut.

Pada dasarnya, setiap kejadian yang dialami sebenarnya netral, namun pikiran dapat memberi makna dalam 3 (tiga) cara berbeda. Pada kejadian yang dimaknai positif oleh pikiran akan menghasilkan emosi positif. Dan kejadian yang dimaknai negatif oleh pikiran akan menghasilkan emosi negatif. Serta kejadian yang dimaknai netral oleh pikiran akan menghasilkan emosi netral.

 

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan suara bor dokter gigi, maka kita tahu bersama bahwa pikiran Anda memberi makna negatif terhadap suara bor dokter gigi.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa penyebab pikiran Anda memberikan makna negatif terhadap suara bor dokter gigi tersebut?

 

Nantikan penjelasannya di artikel selanjutnya yaa 🙂

Offline