Sudah sering kita mendengar anjuran untuk melakukan pemeriksaan gigi geligi berkala (routine dental check-up/oral examination) setiap 6 bulan sekali. Lalu, apa yang dilakukan oleh dokter gigi yaa? Apa pula istilah profilaksis itu?

Pemeriksaan berkala dan profilaksis merupakan tindakan pencegahan yang bertujuan agar penyakit gigi geligi tidak berkembang lebih lanjut (jika ada). Karena gigi geligi aktif digunakan untuk mengunyah dan mencerna makanan setiap hari, pastinya kita perlu mewaspadai penyakit pada gigi, gusi dan tulang penyangga gigi yang diakibatkan oleh sisa makanan yang tertinggal pada rongga mulut. Seperti yang telah kita ketahui, tindakan mencegah jauh lebih baik daripada tindakan mengobati. Secara otomatis akan menghemat energi, waktu dan biaya Anda.

Pada pemeriksaan berkala, dokter gigi melakukan pemeriksaan ke semua rongga mulut, apakah ada tanda-tanda karies gigi, peradangan gusi tahap awal, ataupun peradangan gusi tahap lanjut yang sudah melibatkan kerusakan tulang penyangga gigi. Ingat-ingat yaa, tanda pada rongga mulut lebih penting daripada sekedar menunggu rasa sakit itu datang. Anda tentunya perlu mengetahui kondisi rongga mulut Anda dengan sebaik-baiknya, dan berkonsultasi mengenai tindakan perawatan yang tepat bagi kondisi tersebut. Anda pun bebas bertanya hal-hal penting yang perlu Anda ketahui dari dokter gigi Anda. Asik bukan?!

Tindakan profilaksis umumnya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan berkala. Seperti apa sih tindakan profilaksis tersebut? Dokter gigi akan menggosokkan bahan khusus pada gigi-gigi Anda untuk membersihkan akumulasi plak dan noda pada permukaan gigi-gigi Anda dengan menggunakan alat bur karet empuk yang berbentuk seperti mangkok kecil. Tindakan ini sama sekali tidak akan merusak permukaan gigi, malah akan membantu membersihkan permukaan gigi Anda.

Pada beberapa orang, plak dapat berakumulasi dan mengeras dengan cepat dan membentuk menjadi hal yang kita sebut dengan istilah karang gigi. Jika sudah terbentuk karang gigi, maka hal ini membutuhkan tindakan pembersihan karang gigi yang dapat juga kita sebut dengan istilah scaling (cleaning teeth). Pembersihan karang gigi atau scaling akan saya bahas dalam topik seri artikel ‘Apa Sih Yang Dilakukan Oleh Dokter Gigi’ selanjutnya.

 

Drg. Mia Gracia CCH

Dentist

Certified Clinical Hypnotherapist of Adi W. Gunawan Institut of Mind Technology

Author of the book “Hypnosis in Dentistry”

 

Offline