Jika gusi Anda berdarah saat Anda makan makanan yang keras, atau saat Anda menyikat gigi, atau saat Anda membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda tersebut : apakah ada tanda-tanda gusi meradang atau berwarna kemerahan, baik di lokasi tertentu ataukah pada hampir seluruh permukaan gusi? Gusi yang sehat umumnya berwarna merah muda dan tidak akan berdarah pada kondisi normal, kecuali jika Anda melakukan sesuatu yang dapat melukai gusi.

Gusi berdarah merupakan suatu tanda, yaitu tanda bahwa ada suatu penyakit yang terjadi pada gusi dan mungkin juga sudah melibatkan tulang penyangga gigi Anda. Tanda gusi berdarah tersebut mungkin tidak memberikan rasa sakit di tahap awal, namun tetap harus diwaspadai, karena pada tahap lebih lanjut dapat merusak tulang penyangga gigi dan berujung pada kehilangan gigi. Penyakit gusi berdarah pada tahap awal disebut gingivitis (peradangan gusi) dan tahap lanjut disebut periodontitis (peradangan gusi dan tulang penyangga gigi).

Umumnya, penyebab peradangan gusi dimulai dari plak. Plak merupakan sisa makanan yang tertinggal pada permukaan gigi dan sela-sela gigi. Karena tidak tersikat dengan baik, maka plak yang tertinggal membuat tingkat keasaman pada area tersebut meningkat, dan kuman berkembang biak sehingga menyebabkan peradangan pada gusi dan proses demineralisasi pada permukaan gigi (pembentukan lubang gigi). Jika berlanjut, maka peradangan tidak berhenti hanya pada gusi, namun akan menginfeksi pula tulang penyangga gigi Anda. Tindakan perawatan pada kasus peradangan gusi yang ringan meliputi tindakan profilaksis dan pembersihan karang gigi, sedangkan pada kasus tingkat lanjut membutuhkan pembedahan periodontal.

Tentunya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu, waspadai tanda-tandanya secara lebih dini, tanpa perlu menunggu rasa sakit tersebut datang. Tindakan pencegahan sudah pasti menghemat energi, waktu dan biaya.

 

Drg. Mia Gracia CCH

Dentist

Certified Clinical Hypnotherapist of Adi W. Gunawan Institut of Mind Technology

Author of the book “Hypnosis in Dentistry”

Offline