Kebanyakan pasien gigi yang datang dan mengaku takut ke dokter gigi, seringkali menyikapi rasa takutnya dengan perasaan malu atau malah merasa bersalah karena takut ke dokter gigi.

Hmm…
Sebenarnya… Anda tahu gak sih takut itu justru bagus ?

Loh kok bagus ?
Ya, itu bagus. Ada 2 alasannya.
Pertama,
Bagus karena Anda menyadari perasaan takut tersebut,
Dan kedua,
Bagus karena Anda mau mengakuinya.

Menyadari
Apa sih makna dari emosi takut ?
Rasa takut dimaknai sebagai satu sinyal yang sangat positif, karena rasa takut memberikan pesan kepada Anda bahwa : “Eh, bakal ada sesuatu loh di masa depan, dan saya merasa kurang siap / belum siap dalam menghadapi sesuatu tersebut.”
Jadi, emosi takut dapat dianggap sebagai suatu tindakan antisipasi terhadap sesuatu yang akan dihadapi di masa depan.

Mengakui
Dengan mengakui perasaan takut yang dirasakan ke dokter gigi Anda, Anda sebenarnya telah membantu diri sendiri.

Ada beberapa orang yang hanya takut dengan tindakan-tindakan tertentu, misalnya : si Andi hanya takut dengan tindakan pencabutan gigi, si Budi hanya takut dengan tindakan pembersihan karang gigi, si Catur hanya takut dengan suara bur dokter gigi, si Didi hanya takut dengan semua tindakan penyuntikan, si Emil hanya takut dengan rasa obat-obatan dokter gigi yang membuatnya mual, dan sebagainya. Namun ada juga beberapa orang dengan rasa takut yang sangat besar sehingga menggeneralisasi rasa takut tersebut terhadap semua tindakan dokter gigi.

Dalam bab 3 dari buku ‘Hypnosis in Dentistry’, saya menjelaskan beberapa prosedur tindakan dokter gigi yang umumnya dipersepsikan secara kurang tepat oleh pasien gigi, bisa karena pengalaman traumatik yang pernah dialami sebelumnya baik oleh diri sendiri maupun orang lain, ataupun karena pernah menerima informasi yang kurang tepat ataupun kurang lengkap mengenai tindakan-tindakan perawatan gigi.

Dengan mengakuinya, dokter gigi dapat mengerti dan memahami rasa takut yang Anda rasakan serta berkesempatan untuk membantu Anda agar Anda dapat keluar dari perasaan takut tersebut.

 

Drg. Mia Gracia CCH

Dentist

Certified Clinical Hypnotherapist of Adi W. Gunawan Institut of Mind Technology

Author of the book “Hypnosis in Dentistry”

Offline